PENTINGKAH SEO ITU ?

 

APA ITU SEO ?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Ini menggambarkan serangkaian teknik yang meningkatkan visibilitas situs web dalam halaman hasil mesin pencari. Tujuan dari optimasi tersebut adalah untuk mendapatkan peringkat setinggi mungkin untuk permintaan pencarian tertentu.

Secara umum, hampir seluruh pakar SEO membaginya kedalam 2 jenis. yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. SEO On page dapat diartikan sebagai proses-proses yang harus dilakukan didalam halaman website itu sendiri untuk mengoptimalkan hasil pencarian, hal ini sangat berhubungan dengan konten, penulisan HTML dan berbagai proses lainnya. Sementara SEO Off page adalah proses-proses yang dilakukan diluar halaman website yang kita miliki, ini lebih mengoptimasi tools, atau apapun yang dimiliki oleh pihak ketiga (Third Party).

Kedua SEO itu harus dilakukan secara bersamaan dan tidak bisa serial, SEO dilakukan dengan hal-hal mendasar terlebih dahulu dan mudah dilakukan serta tidak menimbulkan biaya yang besar.

Daftar Istilah-Istilah SEO

Dalam artikel berikut kita akan menggunakan kata kunci SEO-terkait tertentu. Mengetahui makna di balik istilah-istilah ini dapat berguna bagi pemula. Di bawah ini Anda akan menemukan sebuah daftar alfabetis dari istilah-istilah yang akan sering kita gunakan.

  • CMS : Content Management System, misalnya WordPress atau Drupal.
  • CTR : Click-Through Rate, persentase pengguna yang mengklik link.
  • GYM : Google, Yahoo dan Microsoft, pemilik tiga terbesar mesin pencari.
  • Link Juice : Kualitas link yang ditransfer antara situs/halaman-halaman.
  • Long Tail : kata kunci yang lebih spesifik, misalnya “navigation bar photoshop tutorial”
  • META Tags : Kode di bagian head dari sebuah situs web yang digunakan pada halaman hasil mesin pencari.
  • Organic Traffic : Lalu lintas yang datang dari mesin pencari.
  • PR : Page Rank, ukuran untuk popularitas link situs web.
  • SEO : Search Engine Optimization. Teknik yang digunakan untuk membuat situs web Anda berperingkat lebih tinggi.
  • SERP : Halaman hasil mesin pencari. Halaman dengan halaman web yang paling relevan untuk kueri Anda.
  • Spider : Bot yang digunakan oleh mesin pencari untuk merangkak dan mengindeks situs web.
  • Stuffing : Terlalu sering menggunakan kata kunci yang sama pada halaman yang sama.
  • UGC : User Generated Content, cara yang bagus untuk menambahkan konten unik ke halaman.

Dasar-Dasar SEO

Dasar-dasar dari optimasi mesin pencari (SEO) merupakan hal yang fundamental. Dan penting. SEO akan membantu memposisikan situs Anda dengan benar agar dapat ditemukan pada saat yang paling penting pada saat proses pembelian atau ketika orang membutuhkan informasi dari situs Anda.

Apa yang search engine cari ? Bagaimana Anda dapat membangun situs dengan cara yang menyenangkan baik bagi pengunjung/pelanggan maupun Google, Bing dan search engine lainnya ? Yang lebih penting, bagaimana SEO bisa membantu kehadiran situs Anda menjadi lebih menguntungkan ?

Seperti yang dijelaskan oleh Carolyn Shelby , Direktur SEO, nilai ekstrim SEO dapat memberi sebuah situs dan menekankan pentingnya dasar SEO dengan menggunakan analogi berikut :

“Melewatkan hal-hal mendasar dan menghabiskan waktu dan uang untuk bergaul dan ‘barang mewah’ sama saja dengan tidak menyikat gigi dan mandi, tetapi membeli pemutih gigi dan memakai cologne mahal,” kata Shelby.

Meskipun Pengantar tadi dimaksudkan untuk pendatang baru pada suatu industri, kiat-kiat dari Shelby tersebut menjadi pengingat penting bahkan bagi SEO profesional berpengalaman yang telah mengoptimasikan situs selama bertahun-tahun.

 

BENARKAH MEMERLUKAN  SEO ?

Pertanyaan itu seringkali muncul, benarkah SEO itu diperlukan? Begini, dari definisi SEO sendiri adalah sebuah proses mengoptimalkan, jadi kalaupun tidak dilakukan Google sebagai mesin pencari akan terus mengumpulkan berbagai website di jagad internet, ada satu link saja mengarah kepada website kita atau setidaknya domain kita terlisting di tempat hosting yang kita gunakan, Crawler (Robot Pencari Data) akan mencari website anda dan mengumpulkannya, tetapi mungkin website anda untuk kata kunci tertentu di Google berada di halaman ke 10 atau juga kehalaman lebih dari 10, terkecuali bila website anda memiliki konten satu-satunya.

Jadi, sangatlah penting sebuah SEO untuk meningkatkan hasil pencarian tadi, analoginya begini, peran SEO hampir sama dengan bumbu pada masakan yang menentukan rasa dan kelezatan masakan. Jika bumbu tidak enak , maka masakan juga tidak akan menarik. Ini merupakan analogi yang tepat untuk peran SEO. Jika sebuah website tidak di dukung dengan SEO yang baik , maka website tersebut tidak akan menarik. Lain hal nya jika anda sudah mengetahui konsep SEO , website anda pun akan dikunjungi oleh para peselancar dunia maya. SEO yang baik akan mengangkat tema penting dari sebuah perusahaan atau organisasi sehingga bisa juga menjadi viral.

8 Hal Penting Saat Mengoptimasi Situs Anda

  1. Situs Anda diibaratkan sebuah kue tart

Link Anda, pencarian berbayar dan media sosial bertindak sebagai lapisan paling atas, sementara konten, arsitektur informasi, sistem manajemen konten dan infrastruktur bertindak sebagai gula dan membuat kue tersebut. Tanpa hal tersebut, kue Anda akan terasa hambar, membosankan dan akhirnya akan dibuang ke tempat sampah.

  1. Apa yang search engine cari?

Search engine ingin melakukan pekerjaan mereka sebaik mungkin dengan mengarahkan pengguna ke situs-situs dan konten yang paling relevan dengan apa yang mereka cari. Jadi bagaimana relevansi ditentukan ?

  • Konten : ditentukan oleh tema yang diberikan, teks pada halaman dan judul serta deskripsi yang diberikan.
  • Kinerja : Seberapa cepat situs Anda dan apakah bekerja dengan baik?
  • Otoritas : Apakah situs Anda memiliki konten yang cukup baik untuk dihubungkan atau apakah situs otoritatif lain menggunakan situs Anda sebagai referensi atau mengutip informasi yang tersedia?
  • Pengalaman Pengguna : Bagaimana situs tersebut terlihat? Apakah navigasinya mudah? Apakah terlihat aman? Apakah ia memiliki tingkat bouncingyang tinggi ?
  1. Search Engine Mana Yang TIDAK Mencari

Search engine spider hanya memiliki sejumlah penyimpanan data, jadi jika Anda melakukan taktik curang atau mencoba untuk mengelabui mereka, kemungkinan Anda akan menderita berkepanjangan. Hal-hal yang tidak diinginkan search engine adalah:

  • Memasukkan Keyword: Penggunakan keywordyang berlebihan pada halaman Anda.
  • LinkYang Dibeli: Membeli link tidak akan mendapat tempat di SEO, jadi berhati-hatilah.
  • Pengalaman Pengguna yang seadanya Mudahkan pengguna untuk menjelajahi situs Anda. Terlalu banyak iklan dan menyulitkan orang untuk menemukan konten yang mereka cari hanya akan meningkatkan tingkat bouncing  Mengetahui tingkat bouncingAnda akan membantu menentukan informasi lain tentang situs Anda. Sebagai contoh, jika 80 persen atau lebih tingkat bouncing sementara Anda memiliki konten, kemungkinan ada sesuatu yang salah.
  1. Tahu Model Bisnis Anda

Walaupun sudah cukup jelas, begitu banyak orang cenderung untuk tidak duduk diam dan hanya fokus pada tujuan utama mereka. Pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda adalah:

  • Apa definisi konversi bagi Anda?
  • Apakah Anda menjual “kesan” atau apa yang di-klik oleh orang ?
  • Apa sasaran Anda ?
  • Apakah Anda tahu hak dan kewajiban Anda ?
  1. Jangan Lupa lakukan Optimasi untuk Multi-Channel

Strategi keyword tidak hanya penting untuk implementasi di tempat, tetapi juga harus meliputi platform lain, itulah sebabnya mengapa Anda juga harus berpikir tentang optimasi multi-channel.

Multi-channel platform meliputi:

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn
  • Email
  • Offline, seperti iklan radio dan TV

Konsisten dengan frase keyword dalam platform ini tidak hanya akan membantu upaya branding Anda, tetapi juga membiasakan pengguna untuk menggunakan frase spesifik yang Anda optimasikan.

  1. Konsisten Dengan Nama Domain Anda

Penamaan domain sangat penting untuk fondasi Anda secara keseluruhan, sehingga Anda lebih baik menggunakan sub-directory root domain (domainanda.com/contoh) dibandingkan sub-domain (contoh.domainanda.com). Beberapa praktek terbaik lainnya dengan nama domain adalah:

  • Domain yang Konsisten: Jika Anda mengetik www.contoh.com, tapi pada kesempatan lain Anda hanya menulis contoh.com dan “www” tidak redirect ke www.contoh.com, artinya search enginemelihat dua lokasi yang berbeda. Hal ini tidak bagus untuk usaha SEO Anda secara keseluruhan karena akan membingungkan inbound link Anda, karena situs eksternal akan terhubung ke www.example.com juga example.com.
  • Tetap Dengan Gaya Lama: Domain Lama lebih baik daripada yang baru, tetapi jika Anda membeli sebuah domain lama, pastikan bahwa pemilik sebelumnya tidak melakukan sesuatu yang terselubung sehingga domain mendapat sanksi.
  • Keyword dalam URL: Memiliki keywordyang Anda coba untuk angkat peringkatnya di dalam domain Anda hanya akan membantu usaha Anda secara keseluruhan.

 

  1. Optimasi Berbagai Bentuk Lain

Selain optimasi untuk komputer pribadi (PC), pastikan untuk fokus pada optimasi ponsel dan tablet serta media lainnya.

  • Buat konten media yang kaya seperti video, karena lebih mudah untuk video untuk mendapatkan peringkat pada halaman pertama daripada halaman teks biasa.
  • Mengoptimasikan konten non-teks Anda sehingga search enginebisa melihatnya. Jika situs Anda menggunakan Flash atau PDF, pastikan Anda membaca tentang praktek-praktek terbaik terbaru sehingga search engine dapat crawling pada konten tersebut dan memberikan kredit situs Anda untuk itu.

 

  1. Fokus pada Meta Data

Konten Anda di situs Anda harus memiliki title tags dan meta description.

  • Meta Keywordcukup banyak diabaikan oleh search engine saat ini, tetapi jika Anda masih menggunakannya, pastikan secara khusus berbicara tentang halaman tersebut dan diformat dengan benar.
  • Meta descriptionAnda harus unik dan juga berbicara sesuai dengan halamannya. Menggandakan meta description dari halaman ke halaman tidak akan membawa hasil.

Title tags juga harus unik! Pikirkan judul layaknya iklan dengan 4 hingga 8 kata, jadi lakukan yang terbaik untuk menarik perhatian pembaca sehingga mereka ada kemauan untuk mengklik dan membaca lebih lanjut.

Anda harus selalu menjaga SEO di garis depan pikiran Anda, dan selalu mengikuti praktek-praktek terbaik. Melewatkan dasar-dasar SEO hanya akan mendapati fondasi situs Anda berantakan dan menghambat peluang pendapatan Anda.

APA MANFAAT DARI SEO ?

  1. 1. SEO berusaha menargetkan lalu lintas situs yang berkualitas

Salah satu manfaat SEO untuk bisnis yang dapat dirasakan adalah bahwa ini merupakan salah satu strategi pemasaran. Tidak seperti bagaimana iklan tradisional yang lebih menjangkau masyarakat untuk membeli barang Anda. Maka teknik ini lebih mudah dan sederhana karena customer yang nantinya akan menemukan Anda ketika mereka menginginkan sebuah informasi.

Sederhananya, cara tradisional membuat sebuah perusahaan harus menyebarkan informasinya, namun dengan SEO, perusahaan hanya akan menjadi magnet yang menarik masyarakat untuk mengunjungi mereka.

2. Anda tidak perlu membayar iklan di SEO

Peringkat organik Google didasarkan pada apa yang ditentukan oleh alogaritme yang menjadi hasil terbaik dari apa yang diberikan. Ini berarti bahwa setelah Anda membuat halaman yang dianggap cocok oleh mesin pencari untuk mengarahkan pengguna mereka, itu dapat membuat situs Anda mendapatkan laju lalu lintas ke situs Anda berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah Anda mempublikasikannya.

3. SEO akan mendapatkan banyak klik dibanding PPC

Meskipun iklan PPC muncul di atas peringkat yang dihasilkan Google. Seitar 71,33% pencarian menghasilkan klik pada artikel yang muncul di halaman pertama. Sulit untuk mengetahui mengapa hal ini terjadi. Meskipun kesimpulan logis yang dapat diambil adalah pengguna mempercayakan algoritme Google. Mereka tahu tempat mana pengiklan membayar dan meerka memilih untuk melakukan SEO. Namun, ini barulah dugaan. Tetapi terlepas dari alasan apa dibaliknya mayoritas klik didapatkan saat sebuah perusahaan melakukan SEO.

4. SEO membantu PR

Meskipun SEO dan PR adalah sebuah teknik pemasaran yang terpisah, Anda dapat menggunakannya bersama-sama untuk memaksimalkan hasil.

Hubungan yang paling besar antara keduanya terletak pada pembuatan tautan. Memperoleh tautan dari situs web yang bereputasi adalah komponen untama dari strategi SEO. Ini berarti bahwa salah satu bagian terbesar dari seorang SEO specialist adalah mengidentifikasi peluang untuk penempatan atau liputan di blog industri, publikasi berita, dan situs yang relevan.

Strategi PR juga berkisar di sekitar mendapatkan publikasi dan influencer terkemuka untuk berbicara tentang perusahaan Anda, ini memberikan peluang yang besar. Saat Anda menggunakan penelitian membuat tautan untuk menemukan cara baru menemukan brand Anda di halaman konsumen, Anda akan jauh lebih efektif dalam mendistribusikan konten ke calon pelanggan dan klien.

 

 

 

5. Anda akan bergerak lebih maju

Manfaat SEO untuk bisnis yang terakhir adalah sebagai strategi pemasaran yang baru. Sekitar 61% pemasar akan mengatakan bahwa meningkatkan SEO dan keberadaan online situs mereka adalah sebuah prioritas utama. Ini berarti pesaing Anda mungkin sudah mengambil langkah untuk menetapkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Dengan strategi SEO ini, Anda dapat mengikuti perkembangan yang sedang maju serta kompetitif dalam industri yang Anda lakukan.

6. Meningkatkan Brand Awareness

Brand Awareness merupakan kemampuan calon pembeli atau konsumen dalam mengenali maupun mengingat sebuah merek. Jika suatu merek semakin terkenal, maka secara otomatis intensitas penjualan juga akan semakin besar. Nah, salah satu cara meningkatkan Brand Awareness pada sebuah bisnis adalah dengan melakukan optimisasi website di mesin pencari alias melakukan teknik SEO.

7. Mendapatkan data customer secara gratis

Saat ini banyak para pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak hanya untuk memasang iklan di berbagao media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak calon customer maupun para pelanggan setia dari bisnis mereka.

Nah, jika website Anda berada di posisi teratas halaman mesin pencari, maka tentu akan lebih mudah dalam mendapatkan data customer tersebut, dan data tersebut Anda dapatkan secara gratis.

 

 

KESIMPULAN

SEO ini sangat berkaitan dengan kata kunci atau keyword. Jika pemilihan kata kunci yang tepat , pengunjung yang relevan dengan kata kunci akan masuk ke website anda. SEO ini kemudian akan menciptakan semacam BRAND AWARENESS untuk bisnis maupun produk anda sehingga peluang bisnis menjadi semakin lebih besar. SEO juga tidak hanya mampu menjangkau pengguna PC saja , tetapi juga bisa diakses oleh pengguna SMARTPHONE. Jadi untuk anda yang ingin memulai sebuah bisnis , sebaiknya pahami dulu konsep SEO ini.

 

 



Leave a Reply