Pengertian SEO

Konsep dasar SEO

Google (search engine) adalah sebuah produk. Mereka ingin orang lain atau user agar puas menggunakan layanan mereka. Pengguna menginginkan agar website terbaik dan relevan agar masuk ke halaman pertama. Karena itulah mesin pencari (search engine) selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang di masukkan pengguna. Jadi inti dari SEO adalah menjadikan suatu website yang terbaik untuk sebuah kata kunci yang di tulis.

 

Daftar Istilah-Istilah SEO

Dalam artikel berikut kita akan menggunakan kata kunci SEO-terkait tertentu. Mengetahui makna di balik istilah-istilah ini dapat berguna bagi pemula. Di bawah ini Anda akan menemukan sebuah daftar alfabetis dari istilah-istilah yang akan sering kita gunakan.

  • CMS : Content Management System, misalnya WordPress atau Drupal.
  • CTR : Click-Through Rate, persentase pengguna yang mengklik link.
  • GYM : Google, Yahoo dan Microsoft, pemilik tiga terbesar mesin pencari.
  • Link Juice : Kualitas link yang ditransfer antara situs/halaman-halaman.
  • Long Tail : kata kunci yang lebih spesifik, misalnya “navigation bar photoshop tutorial”
  • META Tags : Kode di bagian head dari sebuah situs web yang digunakan pada halaman hasil mesin pencari.
  • Organic Traffic : Lalu lintas yang datang dari mesin pencari.
  • PR : Page Rank, ukuran untuk popularitas link situs web.
  • SEO : Search Engine Optimization. Teknik yang digunakan untuk membuat situs web Anda berperingkat lebih tinggi.
  • SERP : Halaman hasil mesin pencari. Halaman dengan halaman web yang paling relevan untuk kueri Anda.
  • Spider : Bot yang digunakan oleh mesin pencari untuk merangkak dan mengindeks situs web.
  • Stuffing : Terlalu sering menggunakan kata kunci yang sama pada halaman yang sama.
  • UGC : User Generated Content, cara yang bagus untuk menambahkan konten unik ke halaman

Yang perlu diperhatikan dalam SEO

Dalam pengaplikasian SEO dan untuk memahami pengertian SEO, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan:

1. Kompetisi

  • Semakin banyak (jumlah) bisnis yang ingin berada di halaman pertama, maka kompetisi semakin tinggi.
  • Apabila jumlah pencari (Anda bisa research menggunakan keyword planner) semakin banyak, biasanya kompetisi semakin tinggi.
  • Saat kompetisi di nilai tinggi, maka strategi SEO yang di perlukan semakin kompleks (dan akan membutuhkan keahlian dan biaya yang semakin tinggi)

2. Website

  • Website memiliki peranan penting dalam SEO. Dalam pembuatan website, anda perlu membuat website yang Search Engine Friendly (SEF).
  • Kami sangat memperhatikan hal ini untuk setiap client kami karena kami mengerti betapa penting untuk website dapat dengan mudah di temukan di mesin pencari.

 

 



Author: reikipradnya
Head Videography at Ananta Widya Business School

Leave a Reply