Pengertian SEO dan Jenisnya

Apa Itu SEO?

pengertian seo

SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi pemasaran online yang bertujuan untuk menampilkan website anda di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan anda.

Penggunaan strategi yang tepat dapat meningkatkan bisnis anda, namun apabila salah, bisnis anda tidak akan dapat di temukan dalam mesin pencari.

Sebagai contoh, untuk bisnis ‘toko bunga’, apabila ingin berada di halaman pertama saat orang mencari kata ‘toko bunga’ di mesin pencari (seperti Google, Yahoo, atau Bing), bisnis tersebut harus menggunakan SEO.

Masalahnya adalah, tempat di halaman pertama hasil pencarian (Search Engine Result Page – SERP) terbatas. Kurang lebih terdapat 10 tempat. Sedangkan setiap pemilik bisnis ingin agar bisnis mereka berada di halaman 1 hasil pencarian. Di sini adalah bagian penerapan strategi SEO.

 

Yang perlu diperhatikan dalam SEO

Dalam pengaplikasian SEO dan untuk memahami pengertian SEO, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan:

1. Kompetisi

Semakin banyak (jumlah) bisnis yang ingin berada di halaman pertama, maka kompetisi semakin tinggi.

Apabila jumlah pencari (Anda bisa research menggunakan keyword planner) semakin banyak, biasanya kompetisi semakin tinggi.

Saat kompetisi di nilai tinggi, maka strategi SEO yang di perlukan semakin kompleks (dan akan membutuhkan keahlian dan biaya yang semakin tinggi)

2. Website

Website memiliki peranan penting dalam SEO. Dalam pembuatan website, anda perlu membuat website yang Search Engine Friendly (SEF).

Kami sangat memperhatikan hal ini untuk setiap client kami karena kami mengerti betapa penting untuk website dapat dengan mudah di temukan di mesin pencari.

3. SEO Strategy

Banyak yang bilang kalau mereka mengerti tentang bagaimana mengaplikasikan strategi SEO. Tetapi perlu anda ketahui, banyak yang menggunakan cara-cara illegal untuk membuat tujuan mereka tercapai.

Mereka yang menyalahgunakan pengertian SEO, menggunakan strategi illegal ini di sebut juga dengan Black-Hat-SEO.

Anda HARUS mengaplikasikan White-Hat-SEO. Anda dapat mempelajarinya dari berbagai sumber terpercaya seperti dari Distilled, Moz, dsb, atau menggunakan jasa professional terpercaya.

fyi, White-hat-SEO tidak sulit namun memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun hasilnya akan lebih baik daripada mereka yang menggunakan Black-Hat atau Gray-Hat di masa depan

Apa Manfaat SEO?

Manfaat mengaplikasikan SEO sebagai berikut :
  1. Meningkatkan visibilitas suatu blog / website di hasil pencarian (SERP).
  2. Meningkatkan trafik / pengunjung blog / website.
  3. Meningkatkan penghasilkan (Google Adsense, Pop Under, CPA, dll).

Apapula Tujuan dan Fungsi SEO?

Tujuan dan fungsi SEO hampir sama (dan pada intinya) seperti 3 poin diatas. Yaitu meningkatkan visibilitas di SERP > trafik / pengunjung yang berlimpah > penghasilan akan meningkat secara signifikan.

Jenis SEO

Teknik SEO terbagi menjadi 2, yaitu :
  1. SEO On-Page
  2. SEO Off-Page
1. SEO On-Page :
SEO On-Page adalah teknik SEO yang dilakukan pada situs (blog / website) yang terkait. Jadi, teknik2. SEO Off Page:

SEO Off Page adalah teknik SEO yang dilakukan di luar blog ataupun website. Pemilik blog/website harus melakukan optimasi dari luar halaman webnya untuk mendapatkan pengunjung, untuk masuk ke websitenya tersebut. Cara yang bisa dilakukan adalah seperti menyebar link ke berbagai sosial media seperti Twitter, Facebook ataupun G+. SEO yang satu ini murni dilakukan dari situs yang ingin dioptimalkan.

Kesimpulan SEO ON PAGE dan  SEO OFF PAGE

Perbedaan SEO On Page  dan SEO Off Page adalah strategi yang dilakukan untuk optimasi website, baik itu dari luar ataupun dalam website. Dengan tujuan untuk menempatkan website diposisi teratas atau halaman pertama.

Cara Kerja SEO

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak menempati ranking teratas hasil pencarian. Ini berlaku untuk semua mesin pencari baik itu Google, Yahoo!, Bing, maupun Duckduckgo.

Kami tidak akan membahas algoritma di setiap mesin pencari. Di sini kami hanya membahas algoritma Google. Kenapa? Karena Google menguasai lebih dari 90 persen pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia. Jadi ketika membicarakan cara kerja SEO, algoritma Google menjadi patokannya.

Google selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan solutif untuk penggunanya. Dari 2011 sampai saat ini, setidaknya sudah ada delapan major update untuk algoritma Google.

Jadi Anda harus selalu update tentang algoritma Google ini. Sebab langkah optimasi yang berdasarkan algoritma lama Google tidak akan memberikan efek apa pun. Misalnya, salah satu taktik lama yang digunakan adalah keyword stuffing.

Keyword stuffing adalah praktik memasukkan focus keyword sebanyak-banyaknya di sebuah artikel. Taktik ini dulu cukup efektif, bahkan jika konten Anda singkat dan tidak relevan sama sekali dengan focus keyword yang Anda masukkan.

Namun, dengan pembaruan algoritma Google, kini taktik tersebut tidak lagi efektif. Bahkan Anda bisa terkena penalti jika ketahuan mempraktikkannya. Konten Anda bisa dianggap berisi spam jika terlalu banyak mengulang focus keyword.

 



Author: Ni Ketut Ayu Paramita Sari
I'm student at Ananta Widya Business School

Leave a Reply