Article: Search Engine Optimization

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Ini menggambarkan serangkaian teknik mana yang meningkatkan visibilitas situs web dalam halaman hasil mesin pencari. Tujuan dari optimasi tersebut adalah untuk mendapatkan peringkat setinggi mungkin untuk permintaan pencarian tertentu.

Mengapa SEO itu penting?

1. Mesin Pencari adalah Sumber Informasi

Kini orang-orang bisa mendapatkan informasi hanya dengan satu klik saja, yaitu dengan mesin pencari. Di Indonesia sendiri, 75 persen pengguna internet sudah terbiasa menggunakan mesin pencari seperti Google.

2. Trafik Didominasi Konten di Halaman Pertama

Muncul di hasil pencarian Google saja tidak cukup. Jika konten Anda hanya muncul di halaman kedua, ketiga, atau bahkan di atasnya, kemungkinan untuk mendapatkan trafik lebih kecil. Konten Anda setidaknya harus muncul di halaman pertama!

3. Website Anda Ditemukan Melalui Berbagai Kata Kunci

Dengan menerapkan langkah optimasi SEO,  website Anda bakal lebih mudah ditemukan dari berbagai kata kunci.

4. Brand Awareness dan Kredibilitas Meningkat

Sebanyak 88 persen konsumen melakukan riset online sebelum melakukan pembelian. Keadaan ini menuntut pemilik bisnis untuk bisa memiliki brand awareness yang baik agar bisa selalu ditemukan di dunia maya. Salah satu cara terbaik untuk membangun brand awareness di era digital ini adalah dengan meningkatkan kualitas SEO.

5. Trafik Organik Lebih Mudah Dikonversi 

Salah satu alasan mengapa SEO begitu penting untuk bisnis adalah kemudahan untuk konversi (conversion). Pengunjung yang datang secara organik cenderung lebih mudah dikonversi menjadi leads atau pelanggan.

 

Cara Kerja Mesin Pencari

Internet sangatlah besar ada sekitar 50 miliar halaman web diindeks dan tanpa mesin pencari akan mustahil untuk menemukan informasi yang berguna dalam kekacauan ini. Ini akan seperti mencari jarum di tumpukan jerami.

Mesin pencari membawa aturan ke kekacauan ini. Dengan membangun indeks mereka dapat menunjukkan kepada Anda halaman web yang paling relevan untuk kueri penelusuran Anda. Tapi indeks ini sering berubah. Situs-situs baru ditambahkan setiap hari, halaman web yang didesain ulang, file baru yang di-upload, dll. Itulah dimana crawler masuk ke dalam permainan. Robot ini otomatis mengikis halaman web untuk informasi mereka mengindeks link, gambar, video dan file lainnya.

Berikut adalah bagaimana mesin pencari menggunakan crawler untuk membuat halaman hasil mesin pencari:

  1. Crawler menemukan website Anda, baik melalui link dari situs web lain atau melalui halaman URL.
  2. Halaman web yang diproses dan diindeks. Perhatikan bahwa tidak semua jenis konten dapat diindeks (misalnya beberapa jenis media yang kaya atau halaman dinamis).
  3. Ketika Anda memasukkan kueri, mesin pencari menganalisis indeks mereka dan menunjukkan kepada Anda halaman web yang paling relevan.

Faktor-faktor Peringkat SEO

Relevansi ditentukan oleh lebih dari 200 faktor. Namun, penelitian telah mengidentifikasi beberapa elemen yang penting:

1.Link

Ketika kita berbicara tentang link, kita berbicara tentang PageRank algoritma analisa link yang digunakan oleh Google.Algoritma ini memperhitungkan jumlah link – setiap link ke situs web dipandang sebagai suara untuk situs web tersebut. Semakin banyak Anda mendapatkan link, akan semakin tinggi peringkat Anda.Satu hal yang harus diingat adalah ini bukanlah sistem yang demokratis. Tidak setiap link memiliki berat yang sama. Link dari situs web otoritatif memiliki pengaruh lebih daripada link dari situs-situs web yang kurang populer.

2.Kata kunci

Distribusi kata kunci pada halaman Anda juga penting. Google memeriksa seberapa sering kueri penelusuran dapat ditemukan pada halaman Anda. Jika muncul dalam domain, url, judul, tag header, konten Anda halaman akan dianggap lebih relevan.

3.Umur Situs

Google menganggap situs web lebih tua menjadi lebih otoritatif daripada situs-situs baru.

4.Kesegaran

Sering memperbarui website Anda adalah gagasan yang baik. Tambahkan halaman baru atau perbarui yang lama. Halaman yang segar adalah tanda bahwa situs web ini tidak mati.

5.Faktor-faktor Lain

Ada yang lain, seperti kecepatan situs, AuthorRank, struktur situs, dll tapi ini adalah beberapa dari yang paling penting.

 

Daftar istilah-istilah SEO

  • CMS: Content management system, misalnya WordPress atau Drupal.
  • CTR: Click-through rate, persentase pengguna yang mengklik link.
  • GYM: Google, Yahoo dan Microsoft, pemilik tiga terbesar mesin pencari.
  • Link juice: Kualitas link yang ditransfer antara situs/halaman-halaman.
  • Long tail: kata kunci yang lebih spesifik
  • META tags: Kode di bagian head dari sebuah situs web yang digunakan pada halaman hasil mesin pencari.
  • Organic traffic: Lalu lintas yang datang dari mesin pencari.
  • PR: PageRank, ukuran untuk popularitas link situs web.
  • SEO: Search engine optimization. Teknik yang digunakan untuk membuat situs web Anda berperingkat lebih tinggi.
  • SERP: Halaman hasil mesin pencari. Halaman dengan halaman web yang paling relevan untuk kueri Anda.
  • Spider: Bot yang digunakan oleh mesin pencari untuk merangkak dan mengindeks situs web.
  • Stuffing: Terlalu sering menggunakan kata kunci yang sama pada halaman yang sama.
  • UGC: User generated content, cara yang bagus untuk menambahkan konten unik ke halaman.

Jenis-Jenis SEO

1.SEO On Page

SEO on page adalah langkah-langkah optimasi SEO yang dilakukan di dalam website Anda. Beberapa langkah optimasi SEO on page meliputi: permalink, judul konten, struktur konten, penggunaan heading, kecepatan website, tema responsif, hingga internal linking.

2.SEO Off Page

SEO off page adalah sejumlah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website Anda. Jadi mengoptimasi konten dan website Anda saja belum cukup. Ada banyak faktor di luar website yang bisa berpengaruh terhadap kualitas SEO Anda.

Salah satu faktor di luar website yang cukup mempengaruhi kualitas SEO adalah backlink atau inbound link. Backlink menjadi indikator bahwa konten Anda menjadi rujukan website lain. Semakin banyak website berkualitas yang merujuk ke konten Anda, semakin baik. Google menilai website Anda sebagai website yang kredibel dan meningkatkan peluang untuk naik peringkat.

Kesimpulan

Menurut saya pribadi SEO ini sangat penting karena dapat mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web, blog atau toko online dan mendapatkan lebih banyak pelanggan, melakukan penjualan dan memenuhi tujuan bisnis Anda dan jangan lupa untuk terus mencari peringkat 1 di google agar website anda menjadi terkenal.



Author: I Wayan Teges Surya Pranatha
Seorang lelaki yang mempunyai tujuan menjadi sukses dan terkenal Mempunyai hobby: Gym, Musik, Editing, Travelling Status: Single

Leave a Reply